Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Roof Garden / Taman Atap

Roof Garden / Taman Atap sebuah taman yang terdapat di atap rumah. Taman dengan mode roof garden telah lama diketahui oleh warga luas persisnya semenjak era ke 6 sebelumnya masehi. Berguna membuat atap rumah nampak makin menarik, ide roof garden terus bertahan sampai saat ini. Disamping itu, ide ini sanggup memberi jalan keluar penghijauan terutamanya di pemilik tempat sempit. Roof garden berguna juga menahan panas dari sengatan cahaya matahari yang masuk rumah hingga sanggup kurangi pemanasan global. Dalam pengerjaan roof garden, konstruksi atap rumah yang kuat ialah hal yang seharusnya Anda lihat.

Roof Garden / Taman Atap

Roof Garden
Roof Garden
Hal itu karena atap rumah bukan hanya meredam beban dak atas saja tetapi harus juga sanggup meredam beban tanah, air, tanaman orang yang ada di roof garden.

roof garden membutuhkan anggaran yang cukup banyak serta rencana design yang masak. Dimulai dari kemampuan dasar bangunan, skema tanam, pengairan, serta drainase perlu disiapkan secara baik.

Walau demikian, beberapa keuntungan yang dapat kamu dapatkan bila mempunyai roof garden di dalam rumah. Kecuali rumah jadi terlihat makin asri serta sejuk, kehadiran roof garden bisa melakukan perbaikan kualitas lingkungan di perkotaan serta permukiman padat.

Peranan Roof top Garden di dalam rumah anda
  1. Mempersejuk ruang di rumah
  2. Untuk pelindung bangunan
  3. Susunan penahan air
  4. Tingkatkan kualitas udara di sekitar lingkungan
  5. Peredam suara berisik
  6. Memfilter udara polusi di luar rumah
  7. Menjadi tempat rileksasi serta hang-out yang hebat
Saksikan : Pengerjaan ornament relief 3D dengan taman kering

Ada banyak hal yang penting jadi perhatian dalam membuat roof garden yakni :

Susunan Waterproofing

Supaya atap tidak bocor harus dilapis material waterproofing lebih dulu. Ini penting supaya ruang di bawahnya tidak terserang damak serapan atau kebocoran.

Aliran Drainase

Buat instalasi air bersih serta pembuangan air kotor. Tambah kerikil, pasir serta batu apung supaya air gampang mengalir ke lubang aliran pembuangan air. Selanjutnya lapisi dengan ijuk untuk meredam butiran tanah supaya tidak terhalang.

Tinggi Susunan Tanah

Buat susunan teratas taman dengan kombinasi tanah dengan pupuk kompos. Tinggi susunan tanah cukup 5 sampai 15 cm. Selanjutnya tanami rumput serta tanaman sesuai dengan selera anda. Anda dapat juga melapisi dak dengan lantai kayu untuk meminimalkan perawatan (maintanance). Lalu tempatkan pot berisi tanaman di pinggir taman atau tanaman rambat di pagar pemisah.
Roof Garden
Roof Garden
Roof Garden
Roof Garden
Roof Garden
Roof Garden
Berdasar jumlah ongkos (perawatan) yang diperlukan, kedalaman tanah (tempat tanam), serta tipe tanaman yang dipakai, taman atap dibagi jadi 3 jenis yakni (The Environment Site.org 2006 dalam Anonim 2009) :
  • 1. Taman Atap Ekstensif (Extensive Green Roof), taman atap tipe ini memerlukan ongkos perawatan yang lumayan murah, tempat tanam (tanah) yang dangkal, serta tanaman yang dipakai ialah tanaman hias enteng. Taman atap ini memiliki rasio bangunan yang enteng serta sempit hingga banyak dipakai di bagian rumah yang tidak luas seperti garasi, atap rumah, teras, atau dinding.
  • 2. Taman Atap Semi Ekstensif (Semi-Extensive Green Roof), taman atap ini memiliki kedalaman tempat tanam (tanah) yang makin dibanding taman atap ekstensif, sanggup memuat sebagian besar tipe tanaman serta lebih dekoratif. Taman atap ini memerlukan susunan bangunan yang makin kuat serta berat.
  • 3. Taman Atap Intens (Intensive Green Roof), taman atap ini memiliki ukuran yang luas dengan susunan bangunan yang besar serta kuat, sanggup memuat beberapa tipe tanaman baik kecil atau besar (pohon). Taman atap tipe ini banyak dipakai di bangunan-bangunan besar (pencakar langit) dan bisa digunakan untuk fasilitas piknik.
Beberapa langkah pengerjaan roof garden Lantas bagaimana langkah membuat roof garden dengan kualitas yang bagus serta aman untuk atap rumah Anda? Di bawah ini kami suguhkan penjelasan tentang tingkatan komplet bagaimana membuat roof garden:

Pengerjaan Dak Beton

Langkah awal yang seharusnya Anda bikin ialah cor beton dengan ketentuan kemiringan di antara 20 sampai 30 derajat. Konstruksi cor beton bisa dibikin dengan material dak beton dengan kerangka besi memiliki ukuran 8 mm. Ukuran yang dipakai tiap kolom beton memiliki ukuran 20cm x 20 cm. Tebal lantai dak untuk luas 50 mtr. persegi ialah 20 cm.

Membuat Tempat Tanaman

Seterusnya, bikinlah bak tanaman di pinggir cor beton dengan wujud koak, oval, bundar atau wujud lain sesuai wujud yang Anda kehendaki. Hal yang seharusnya jadi perhatian ialah wujud bak tanaman yang dipilh harus sesuai ukuran dak yang sudah Anda sediakan. Nanti bak ini akan bermanfaat untuk tempat tanaman.

Penempatan Waterproofing

Cara selanjutnya ialah melapisi bak tanaman serta cor beton dengan material waterproofing yang berperanan menahan masuknya air ke tempat seputar bawah. Disamping itu ini berguna juga membuat perlindungan kerangka besi yang menempel di balok kolom.

Instalasi Air Bersih serta Air Kotor

Seterusnya, Anda dapat mengawali proses pengerjaan instalasi untuk air bersih atau kotor. Ini nanti akan digunakan untuk menyiranm tanaman yang terkait dengan cara langsung dengan pompa atau bak tempat penampungan air.

Penempatan Pipa Air Kotor

Dalam step ini, seharusnya Anda pun memerhatikan instalasi air kotor yang dengan cara langsung terhubung di bagian pinggir dak yang makin rendah. Anda langsung dapat menyambungkannya dengan pipa talang air hingga bisa dialirkan ke bak pembuangan air.

Penempatan Ijuk

Di step ini Anda telah mulai bisa menempatkan ijuk serabut kelapa di atas cor beton. Usahakan proses penempatan terus berbentuk sejajar serta teratur dengan tebal 10 cm.

Penempatan Humus

Tempatkan humus serta tanaman merah di tempat tanam yang mengandung PH antara 5 sampai 7. Selanjutnya, tanami sisi atasnya rumput serta tanaman berakar serabut untuk sisi bak tanaman.

Di bagian dinding atau pinggir pagar Anda dapat menanam tipe tanaman yang menjalar. Anda dapat juga menanam beberapa bunga di pinggir taman hingga taman akan nampak makin menarik.

Tambahan Pagar

Step paling akhir ialah menambah pagar di bagian depan serta belakang taman. Pagar dapat dibuat dari besi atau kayu. Tekankan ke-2 bahan itu aman serta kuat meredam roof garden yang sudah Anda bikin.

Nah, demikian penjelasan tentang tingkatan komplet membuat roof garden. Atap rumah yang cantik seperti taman di pekarangan rumah tentu saja jadi dambaan Anda kan.

ROOF GARDEN BY - GREEN LANDSCAPE ASRI INDONESIA