Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tukang Kolam Ikan Koi Minimalis Madiun Terbaik Bergaransi

Green Landscape Asri ialah Pakar kreativitas pembuatan taman, kolam koi, relief tebing, vertical garden di semua daerah kota Madiun, Benar-benar berguna untuk kami bisa menolong dalam pecahkan permasalahan dan cari jalan keluar dalam pendayagunaan tempat secara maksimal, peranan dan seni. Kami bisa menolong pecahkan permasalahan lingkungan rumah, perkantoran, industri, dan sarana umum dan sarana sosial yang lain.

Kami layani pembuatan :

1. Pembuatan Taman ( Classic, Minimalis, Jepang Bali, Kekinian)

2. Pembuatan Tebing dan Relief / Dekor Air Terjun.

3. Cat wosh.

4. Pembuatan Kolam ( Minimalist, Koi, Air Mancur)

5. Pembuatan Lantai Carport / Batu Sikat, dan Pemasanagan Batu Alam

6. Perawatan Servis Taman Dan Penggantian Tanaman

7. Pergola, Gerbang Khusus, Pagar dan Gazebo

8. Supliyer Tanaman Hias dan Perlindungan

9. penyewaan tanaman acara pesta.

Dalam artikel kesempatan ini kami akan tawarkan jasa pembuatan kolam koi di daerah kota Madiun dan sekelilingnya. Hal - hal yang akan kita ulas dalam adegan kesempatan ini ialah mengenai :

Jasa Pembuatan Kolam Ikan Minimalis Madiun


- Mengenali lebih dalam mengenai kolam koi minimalis
- Harga pembuatan kolam koi di Madiun
- Mekanisme kerja tim kami
- Kelebihan tim Green Landscape Asri
- Faedah kolam koi
- Tipe - tipe ikan koi
- Ciri-ciri - ciri-ciri mekanisme perputaran yang bagus pada kolam koi

Baik, semua info di atas akan kita ulas satu-satu secara dalam, yang mempunyai tujuan supaya anda lebih pahami berkenaan kolam koi serta lebih mengenali tim kami. Oke, tanpa panjang lebar kita langsung mulai saja keteranganya, mudah-mudahan info yang akan kami beri dapat berguna untuk anda dan dapat tingkatkan keyakinan anda ke servis jasa dari tim kami.

1. Mengenali Lebih Dalam Mengenai Kolam Koi Minimalis

Merilis dari situs wikipedia, Kolam ikan koi minimalis ialah sebuah perairan yang teratasi atau reservoir air yang di pakai untuk memiara ikan koi dan ikan tipe lainnya, kolam koi minimalis sendiri adalah tipe kolam terkini di indonesia yang mempunyai ciri-ciri - ciri-ciri penampilan yang aktif dan modern.






















Kolam koi minimalis umumnya kerap di temui pada bermacam tipe property yang mempunyai type mode minimalis, kolam tipe ini bisa juga di ucapkan angkatan baru dari kolam relief tebing yang terlebih dahulu dikenali oleh warga.

Ciri-ciri - ciri-ciri kolam koi minimalis adalah kolam tipe ini mempunyai mode kotak persegi atau bahasa biasanya ialah siku, memiliki ukuran yang relatif kecil, dan semua segi kolam koi minimalis di hias dengan bermacam tipe batu alam seperti batu alam andesit bakar, batu alam wajah jogja, batu alam gilang, batu alam bronjol, batu alam candi dan berbgai tipe batu alam yang lain.

kedatangan kolam koi minimalis akan nampak lebih bernyawa jika kolam koi di padankan dengan sebuah taman yang berisi tanaman yang mempunyai bunga-bunga elok, akhirnya kolam koi akan nampak lebih asri dan alami.

Kolam koi minimalis harus mempunyai sebuah mekanisme filter yang betul dan mediumnya harus seperti proses, filter kolam ialah sebuah saringan air yang berperan untuk jaga kejernihan air dan kesehatan air dari bakteri jahat yang dapat mengganggu kesehatan ikan, Sebab makin bagus air pada kolam, secara automatis ikan dalam kolam sehat. Adapun media filter atau isi filter yang kami pakai ialah Biobol, jet met, hairbrush, bakteri starter (bakteri baik), batu ziolit, carbon aktif dan lampu uv.

Semua media filter di atas ialah rahasia keberhasilan tim Green Landscape Asri dalam membuat kolam koi seperti standar yang membuat kolam bikinan kami mempunyai air yang jernih dan perputaran yang baik, maka janganlah sangsi - sangsi memercayakan pembuatan kolam koi ke kami, sebab tenaga pakar kami telah betul-betul eksper dalam pembuatan kolam koi, dimulai dari desain, pemipaan dan pembuatan chamber filter yang betul.

Nah, mudah-mudahan keterangan kami di atas dapat berguna untuk anda.

2. Harga Pembuatan Kolam Koi di Madiun

Kami akan memberi rincian berkenaan harga penempatan kolam ikan koi minimalis di daerah Madiun barat, timur, utara dan selatan. Berkenaan harga, kami memberi harga yang paling berteman dan banyak diterima oleh customer kami.Didukung dengan tenaga pakar yang mumpuni dalam sektornya' untuk mendukung kualitas pembuatan proyek yang optimal, harga yang kami beri ialah seputar 1.400.000 - 3.500.000 per mtr. persegi. Bergantung tipe model;

l, ukuran dan tingkat kesusahan pembuatan kolam, karena kolam ikan koi minimalis mempunyai banyak mode dan harga batu alam yang di kenakan pada kolam mempunyai harga yang berbeda. Ada pula mode kolam koi yang memiliki bahan landasan kaca tebal atau disering disebut kaca akrilik.

2. Detail harga Harga telah terhitung bahan dan biaya kerja ( terima rapi)
Harga di atas tidak terhitung mesin pompa dan pembuatan filter
Memperoleh beberapa contoh desain kolam terhebat

Karena itu kontak Green Landscape Asri selekasnya, berkenaan pertanyaan sekitar pembuatan kolam ikan koi minimalis, silakan tanyakan ke kami. Kami sedia layani anda dengan segenap hati. Untuk menyaksikan semakin banyak gambar kolam ikan koi minimalis, anda dapat menyaksikannya di bawah ini.

3. Mekanisme Kerja Tim Kami

Seterusnya kami akan menerangkan berkenaan tingkatan mekanisme kerja kami, semuanya mempunyai tujuan supaya anda paham berkenaan tahapan-tahapannya. Baik, keteranganya dapat anda saksikan di bawah ini.Untuk tingkatan pertama umumnya kami lakukan survey posisi dahulu supaya kami dapat cari info tentang tipe mode kolam seperti apa yang diinginkan oleh konsumen setia kami dan bukan hanya itu, arah ke-2 kami survey posisi untuk cari data ukuran halaman yang akan dibuat kolam koi minimalis.Dan sesudah kita ketahui tipe mode seperti apa yang diinginkan konsumen setia kami dan ukuran posisi yang akan dibuat kolam. Seterusnya kita akan masuk step ke-2 yakni step desain gambar kolam, step desain kolam memiliki dua tipe yakni desain gambar dan desain visual (desain 3d).

Sambil menanti desain usai, kami mulai akan kerjakan RAB rincian harga pembuatan kolam sesuai ukuran kolam dan tipe mode kolam yang diinginkan oleh owner.

Sesudah step desain dan pembuatan rab telah usai, kami tinggal ajukan nya kepada anda dan sesudah anda sepakat berkenaan desain kolam dan harga pembikinanya. kami langsung bisa mengawali kerja di saat yang akan dipastikan bersama.

4. Kelebihan Green Landscape Asri

Di bawah ini akan kami terangkan beberapa kelebihan tim Green Landscape Asri, sebagai jasa pembuatan kolam koi profesional yang dapat anda yakin, Semua info beberapa datanya dapat anda saksikan di bawah ini.

1. Green Landscape Asri Disokong Oleh Tenaga Pakar Yang Telah Terbaik di Bidangnya.

Sebuah usaha khususnya dalam sektor jasa harus didukung oleh tenaga pakar yang telah betul - betul trampil dan eksper dalam sektornya, karena hasil sebuah proyek yang memberikan kepuasan customer ialah langkah khusus memperoleh keyakinan dari owner dan modal khusus untuk selalu lagi berkreasi, karena tidak mungkin sebuah jasa dapat dipercayai jika kualitas proyek yang di lakukan tidak memiliki hasil yang baik.

Green Landscape Asri mempunyai tukang kolam koi yang betul - betul telah eksper dan memiliki jam terbang tinggi dalam mendesain dan membuat kontruksi kolam yang betul dan seperti proses, karena itu percayakan pembuatan taman ke kami.

2. Servis Jasa Dari Kami Mempunyai Garansi 1 Bulan

Untuk kenyamanan hati customer, dalam tiap pembuatan kolam koi, Green Landscape Asri memberi garansi proyek sepanjang 1 bulan, jika terjadi beberapa hal yang tidak diinginkan kami sedia melakukan perbaikan tanpa di ambil ongkos sedikitpun alias GRATIS.

3. Pembuatan Kolam Koi Dilakukan Seperti Standar Operasional Kerja

Supaya memperoleh hasil kolam koi yang kuat dan bagus, kami mengaplikasikan mekanisme bekerja sesuai dengan standar operasional kerja.

Nah, mudah-mudahan sesudah memerhatikan beberapa kelebihan tim Green Landscape Asri, bisa makin tingkatkan rasa yakin anda ke kami.

5. Faedah Kolam Koi Dari Bermacam Nara Sumber

Nah, kemungkinan untuk pencinta ikan koi, ulasan kesempatan ini pasti jadi ulasan yang sangat menarik, sebab banyak narasi atau puisi sastra positife jika mempunyai kolam koi di dalam rumah.

Ikan koi sebuah tipe ikan kolam yang mempunyai banyak tipe dan variasi warna, kecuali mempunyai keelokan warna dan corak pada tubuh, berdasar sebagian kelompok ikan koi rupanya dapat datangkan peruntungan dan peruntungan untuk pemiliknya, jadi tidak bingung jika budidaya kolam koi dan orang yang cinta ke ikan koi hari untuk hari makin ramai dan lagi bertambah, dimulai dari kelompok bawah, sedang dan atas.

Kecuali bisa bawa peruntungan, berikut beberapa faedah lainnya mempunyai kolam dan ikan koi di dalam rumah.

Yang petama faedah kolam ikan koi pada rumah adalah bisa mendukung penampilan rumah anda supaya nampak lebih asri dan memiliki nuansa alam, tentu saja ini ialah idaman tiap pemilik rumah, Yok selekasnya mewujudkan, nantikan apa lagi.

Yang ke-2 , dengan mempunyai kolam ikan koi bisa jadi obat atau penawar rasa capek sesudah sepanjang hari lakukan aktivitas yang membuat syaraf otak tegang.

Yang ke-3 , kolam ikan koi bisa juga di padankan dengan saung gasebo, yang mempunyai peranan sebagai tempat santai atau tempat duduk untuk keluarga tersayang, beberapa teman dekat dan tamu rumah. Coba pikirkan, gemericik suara air dan pergerakan badan ikan koi yang menggemaskan akan selalu bawa anda seakan - olah ada di alam bebas. Tentu saja keluarga, teman dekat dan tamu rumah akan rasakan ketenanganya.

Hatipun jadi santai dan percakapan juga jadi lebih berarti dan cerah. Nah, bagus sekali bukan mempunyai kolam ikan koi di dalam rumah.

6. Tipe Tipe Ikan Koi

Budaya ikan mas koi sebagai ikan hias pada awalnya berawal dari Jepang. Sesungguhnya ikan koi ialah ikan mas hasil persilangan dari beragam warna ikan mas(karper). Sekian tahun lalu, beberapa petani di Niigata Jepang memerlukan sumber protein sepanjang musim dingin yang panjang.

Mereka memiara ikan karper di kolam sampai mereka capai ukuran tertentu. Selanjutnya beberapa petani mengetahui jika sebagian dari ikan mas itu mempunyai warna yang lain, hingga mereka lagi memiara dan dibesarkan. Dari situlah awalnya pembudidayaan ikan koi diawali hingga sampai beberapa ratus tahun selanjutnya alami perubahan yang cukup cepat.

Bersamaan bertumbuhnya budidaya ikan koi, Tipe ikan koi alami perubahan dan perkembangan jadi banyak tipe. Beberapa jenis ini didasari pada skema warna koi, sisik dan sebagainya. Selanjutnya banyak beberapa jenis ikan koi yang diatur dalam kategorisasi ikan koi sebagai analisis. Dalam setiap kelas ini ada banyak sub Kelompok yang variasinya lumayan banyak. Kategorisasi Ikan Koi yang biasa terdiri dari type Koi Gosanke, Shiro, Utsurimono, Asagi, Tancho, Hikarimono, Goromo, Hikarimoyo, Matsuba, dan Kawarimono. Di bawah ini ialah ulasan berkenaan setiap tipe pada kategorisasi koi:

Tancho

Tancho ialah panggilan untuk koi yang pada sekujur tubuhnya tidak ada warna merah, tapi pada kepalanya ada warna merah. Pada katagori varietas banyak disebut jenisnya seperti Tancho-Kohaku, Tancho-Sanke, dan Tancho-Showa.

Kinginrin

Yang diartikan dengan Kinginrin tidak lain ialah koi yang memiliki pertanda perak di tubuhnya. Beta-gin untuk panggilan koi yang cuma beberapa besar tubuhnya diselimuti warna perak ini, sedang yang keseluruhnya. tubuhnya warna perak diberi nama Tama-gin atau Platinum Ginrin.

Kinginrin-Kohaku ialah Kohaku yang ada elemen warna peraknya. Bila perak ini ada pada warna putihnya diberi nama Ginrin, sedang yang terlihat pada warna merah diberi nama Kinrin. Biasanya warna perak ini terlihat pada punggung-nya.

Kinginrin-Sanke ialah Sanke yang ada peraknya. Dahulu warna perak yang terlihat ini tidak di-| gemari, sebab akan mengakibatkan warna merah dan hitam jadi sirna. Sekarang Ginrin-Sanke dengan warna merah dan hitam yang ceria malah diter-nakkan. Kinginrin-Showa ialah Showa yang mem-punyai elemen warna perak, sedang Kinginrin-Bekko ialah Bekko yang memiliki elemen warna I perak.

Hikarimono-Kinginrin ialah Hikarimono yang memiliki elemen warna perak yang masih relatif baru. Platinum-Ogon dan Yamabuki-Ogon yang ada elemen peraknya adalah ikan yang betul-betul menarik.

Hikarimoyo-mono

Hikarimoyo-monp ialah turunan dari perkawinan Ogon dengan koi lain (terkecuali Utsuri), termasuk Hariwake. Yang masuk ke daftar Hikarimoyo-mono ialah Hariwake, Yamabuki-Hariwake, Orange-Hariwake, Hariwake-Matsuba, Hariwake-Doitsu, Kikusui, dan Iain-lain.

Orange-Hariwake memiliki warna emas-oranye dan platinum, sedang yang alurnya seperti jarum cemara diberi nama Hariwake-Matsuba, dan yang turunan koi jerman disebutkan Hariwake-Doitsu. Kikusui ialah panggilan untuk Yamabuki-Hariwake-Doitsu yang tubuhnya seperti platinum dan memiliki hiasan elok pada segi tubuhnya. Hyakunenzakura ialah panggilan untuk Kikusui yang memiliki hiasan berkilau pada punggungnya.

Platinum-Kohaku (Kin-Fuji) ialah turunan Kohaku dan Ogon. Koi ini memiliki punggung yang putih berkilau seperti platinum. Yamatoni-shiki diberi untuk menyebutkan Hikarimono dari Taisho-Sanke yang sukses ditingkatkan oleh Seikichi Hoshino di tahun 1965. Koi ini memiliki tubuh yang serupa gumpalan platinum yang terlihat cantik selama seharian.

Hikarimono dari Shusui diberi nama Kinsui yang memiliki warna merah, tapi Bila tidak ada merahnya namanya Ginsui. Sho-Chiku-Bai ialah panggilan untuk turunan Ogon dengan Ai-goromo yang memiliki skema berupa kerucut warna biru. Kujaku-Ogon ialah koi yang sukses diter-nakkan oleh Toshio Hirasawa di tahun 1960, yang disebut turunan dari Goshiki dan Ogon. Yang keluarga koi jerman diberi nama Kujaku-Doitsu. Yang paling akhir ialah Tora-Ogon yang disebut turunan dari Ki-Bekko. Koi emas dengan pertanda hitam pada punggungnya disebutkan Tora-Ogon.

Ogon

Ogon ialah koi yang memiliki tubuh warna emas (golden). Ogon adalah koi yang di-temukan oleh Sawati dan anak lelakinya di tahun 1946. Sebelumnya, mereka mendapati koiyang garis punggungnya warna kuning, yang selanjutnya digunakannya sebagai induk. la pilih koi yang terhebat, dan sesudah empat atau lima angkatan selanjutnya, didapatkannyalah koi berkepala emas, dan "berkepala perak, dan koi warna kuning. Dengan rnengawinkannya bersama betina Shiro-Fuji, akhir-nya koi bersisik emas dibuatnya.

- Kepalanya selalu warna keemasan ceria.
- Sisiknya dihias dengan warna keemasan. Koi yang memiliki sisik lebar pada wilayah perut-nya, terhitung tipe yang dicari.
- Sirip dadanya hams berkilau.
- Memiliki bentuk bagus.
- Warna koi yang baik tetap sama jadi gelap, walau temperaturnya naik.

Nezu-Ogon ialah panggilan untuk koi yang warna perak, sedang Platinum-Ogon ialah panggilan untuk koi hasil ternakan Tadao Yoshioka (1963) yang disebut peranakan dari Kigof dan Nezu-Ogon. Seperti namanya, koi ini memiliki tubuh yang berkilau seperti platinum.
Yamabuki-Ogon ialah panggilan untuk koi yang memiliki tubuh berkilau seperti emas murni. Koi ini adalah hasil perkawinan Kigoi dan Ogon yang dilaksanakan Masaoka di tahun 1957.

Orange-Ogon ialah Orange-Hikarimono yang tampil per-tama kali di tahun 1956.

Kawarimono

Yang terhitung dalam perincian Kawarimono ada-lah Karasugoi (Dark Koi), Kigoi (Yellow Koi), Chagoi (Brown Koi), Midorigoi (Green Koi), dan Matsuba.

Karasugoi memiliki tubuh yang lebih gelap dibanding Magoi (koi hitam). Kigoi ialah koi yang memiliki tubuh warna kuning. Beberapa Kigoi memiliki mata warna merah. Chagoi ialah koi yang warna cokelat. Khusus koi yang keluarga karper Jerman, tumbuhnya bisa lebih cepat, dan biasanya memiliki ukuran besar.

Matsubagoi ialah koi yang semua sisiknya warna ceria. Matsuba yang warna merah gelap disebutkan Aka-Matsuba. Ki-Matsuba yang kuning, dan yang putih disebutkan Shiro-Matsuba. Kin-Matsuba dan Gin Matsuba adalah panggilan untuk turunan Matsuba dan Ogon.
Midorigoi ialah nama yang diberi untuk koi Jerman yang memiliki sisik warna hijau kekuningan. Ikan ini hasil ternakan Tadao Yoshioka yang memasangkan jantan Shusui dan Yamabuki-Ogon. Itu terjadi di tahun 1965.

Koromo

Koromo diberi untuk turunan Asagi dengan Kohaku atau peranakan dari Asagi dengan salah satunya Sanshoku. Beberapa macam Koromo ialah Ai-goromo (Blue-Koromo), Sumi-Goromo (Dark-Koro-mo), Budo-Sanshoku, Koromo-Sanke, Koromo-Showa (Ai-Showa).

Sumi-goromo ialah koi yang warna hitamnya sama seperti yang terlihat pada bintik hitam Kohaku. Pada kepalanya ada warna hitam ini. Koi yang memiliki sisik ungu seperti dom-polan buah anggur dinamakan Budo-Sanshoku. Koi ini betul-betul cantik. Koromo-Sanke adalah peranakan dari perkawinan Ai-goromo dan Taisho-Sanke. Tanda biru keluar pada bintik merah pada Taisho-Sanke. Koromo-Showa (Ai-Showa) ialah peranakan dari Ai-goromo dan Showa-Sanshoku. Tanda biru keluar dari bintik merah pada Showa-Sanshoku.

Shusui

Tahun 1910 Yoshigori Akiyama memasangkan Asagi-Sanke dengan karper kaca dari Jerman, dan hasilkan Shusui. Shusui ialah koi yang sisik-nya sangat besar dan kulitnya halus. Punggungnya warna biru gelap dan benar-benar elok. Ujung hi-dung, pipi, perut, dan lipatan siripnya warna merah terbakar.

Hana-Shusui ialah Shusui yang memiliki tanda merah pada kulitnya yang biru antara garis sisik di punggung dan perut. Hi-Shusui ialah Shusui yang warna merahnya lumayan luas sampai tutup wilayah punggung. Shusui yang warna kuning dengan wilayah punggung warna hijau gelap sampai ungu dinamakan Ki-Shusui. Bila punggungnya dekati kehitaman dan tidak ada- elemen warna hijau atau ungu, karena itu koi itu namanya Ki-Matsuba-Doitsu. Pearl Shusui diberi untuk Shusui yang memiliki sisik punggung yang warna keperakan.

Asagi

Asagi ialah koi yang memiliki tubuh warna biru atau biru ceria dengan pipi, perut, dan lipatan sirip warna merah. Sisik-sisiknya warna biru ceria dan membuat formasi yang tidak bercacat.

Meskipun Asagi condong memiliki kepala yang ada nodanya, tetapi sesungguhnya yang bersih tidak bernoda lebih dicintai. Beberapa Asagi tidak punyai warna merah pada perutnya. Warna merah ini kabarnya akan menyebar ke punggung dan tutupi warna biru searah dengan usia Asagi.
Asagi dengan bintik merah di kepalanya dina-makan Asagi-Menkaburi (Mask Covered). Lipatan sirip dada yang warna merah disebutkan sirip Shusui.

Warna merahnya tidak terlihat pada punggung. Kajo-Asagi (Dark blue Shusui) ialah Asagi yang warna tubuhnya segelap warna tubuh koi hi-tam. Narumi-Asagi ialah yang memiliki skema Narumi, sebagai keunikan dari Asagi. Mizu-Asagi ialah koi yang memiliki warna paling ceria antara Asagi. Asagi-Sanke ialah koi yang memiliki warna punggung biru pucat. Kepala dan sisi atas perutnya ada tanda merah, dan sisi bawah perutnya putih susu. Berikut Asagi yang betul-betul elok.

Bekko

Bekko masih keluarga Taisho-Sanke. Warna dasarnya adalah kombinasi putih, merah, dan kuning. Saat itu -warna hitam jadi peng-hias antara beberapa warna itu. Beberapa macam Bekko yang ada misalkan Shiro-Bekko, Aka-Bekko, Ki-Bekko, dan Bekko-Doitsu.

Andaikan ada, warna hitam itu Janganlah sampai menghancurkan kesetimbangan warna keseluruhannya. Warna hitam yang lebar pada punggungnya benar-benar diharap-kan, sedang warna putih pada kepalanya jangan kecokelatan. Pada sirip dada ada garis-garis yang elok, tetapi ada banyak koi yang tidak mem-punyainya.

Aka-Bekko ialah koi yang memiliki tanda hitam pada permukaan badannya yang merah. Per-bedaannya yang menonjol dibanding dengan Aka-Sanke ialah Aka-Bekko tidak mempunyai sisi yang warna putih asli, sedang Aka-Sanke mempunyainya. Aka-Sanke (Red tricolor) bisa di-katakan sebagai Bekko yang memiliki warna merah, hitam, dan putih (yang umumnya ada pada perutnya). Aka-Bekko yang mempunyai warna merah pekat benar-benar diinginkan, tetapi biasanya jarang.

Ki-Bekko ialah koi kuning yang memiliki tanda hitam, sedang Bekko-Doitsu ialah Bekko dari koi asal Jerman.

Utsurimono

Yang terhitung ke Utsurimono ialah Shiro-Utsuri, Ki-Utsuri, dan Hi-Utsuri. Masing-ma-sing tipe ini memiliki beberapa ciri sebagai ini.

Shiro-Utsuri kerap disebutkan sebagai Shiro-Utsushi. Shiro-Utsuri untuk pertamanya kali dibuat oleh Kazuo Minemura dari Mushigame di perkampungan Yamakoshi. Warna putih pada Shiro-Utsuri harus seperti salju, sedang warna hitamnya sebagai simpatisan khusus seperti dalam Showa-Sanke (Showa-Sanshoku).

Ki-Utsuri ialah koi yang memiliki wujud kerucut warna kuning pada tubuhnya yang hitam. Ki-Utsuri tampil di awal riwayat koi. Ki-Utsuri telah diketemukan semenjak awalnya zaman Meiji. Namun saat itu namanya Kuro-Ki-Han (ber-tanda hitam dari kuning). Baru di tahun 1920 Eizaburo Hoshino memberikannya nama Ki-Utsuri. Warna hitamnya harus pekat dan wujud kerucutnya warna kuning dengan pangkal sirip dadanya bergaris-garis.

Hi-Utsuri ialah koi yang warna kuningnya me-nyerupai warna merah. Warna hitamnya benar-benar kon-tras dengan warna merah. Koi ini biasanya benar-benar menarik beberapa orang, sebab berwarna sanggup menandingi Kohaku, Showa-Sanke, atau Taisho-Sanke. Tubuh Hi-Utsuri yang baik jangan ber-noda. Pada sirip dadanya ada garis-garis. Tipe-nya ialah Utsuri-Doitsu yakni Utsurimono yang disebut keluarga koi Jerman, Kage-Utsuri, Ginshiro, dan Ogon-Utsuri.

Showa-Sanke

Showa-Sanke atau Showa-Sanshoku ialah koi yang warna hitam dengan hiasan warna putih dan merah di tubuhnya. Sekilas koi ini serupa dengan Taisho-Sanke. Perbedaannya berada pada warna dasarnya. Taisho berdasarkan putih, sedang Showa berdasarkan hitam.

Warna merah di wilayah kepala hams cukup be-sar, rata dan pekat. Pinggirnya hams tegas (terang). Putih hams seperti salju, dan jumlahnya seputar 20% dari semua permukaan badannya, khususnya pada kepala, punggung, dan ekor. Skema warna hitam hams seperti wujud petir atau gunung. Sirip dada hams warna hitam tanpa bintik merah.
Boke-Showa ialah Showa-Sanke yang mempu-nyai sisik yang kabur dan jelas, tidak ceria seperti sisik biasanya. Hi-Showa ialah Showa yang warna merahnya lebih mencolok menyelimutinya punggung-nya dengan cuman sedikit warna putih.

Kebalikannya Bila warna putih lebih mencolok karena itu namanya ada-lah Kindai-Showa (Kekinian Showa). Nama Kin Showa diberi untuk Showa yang memiliki warna berkilau, yakni yang disebut cross breeding di antara Showa-Sanke dengan Ogon (gold). Tancho-Showa adalah predikat untuk Showa yang tidak memiliki warna merah pada sekujur tubuhnya dan cuman terdapat sedikit pada kepalanya. Showa-Sanke yang disebut karper kaca Jerman men-dapat panggilan Doitsu-Showa.

- Showa-Sanke memiliki bintik hitam (sumi) di kepalanya, sedang Taisho-Sanke tidak.
- Warna hitam (sumi) pada Taisho-Sanke cuman penuhi punggungnya, sedang pada Showa-Sanke warna hitam ini ada sampai perutnya.
- Sirip dada Taisho-Sanke warna putih atau bergaris-garis, tapi pada Showa-Sanke warna hitam ada pada lipatannya. Untuk yang betul-betul profesional, bintik hitam ini pasti-lah bisa menjadi perhatian dan jika perlu di-tanyakan ke pedagang, sebab dari bintik berikut dua ekor koi betul-betul jadi ber-beda mutunya.

Taisho Sanke

Taisho-Sanke ialah koi yang tubuhnya warna putih dan-dihiasi dengan warna merah dan hitam. Skema dasarnya merah di bagian kepalanya, dan garis lebar hitam di bagian dadanya. Taisho-Sanke terhitung varietas yang populer, seperti hal-nya Kohaku.

Tetapi semenjak tengah zaman Meiji, koi dengan 3 warna telah diketemukan. Pada awal-nya, yang ada baru koi dengan 3 warna yang se-cara penuh menghias sekujur tubuh koi. Atas jasa Eizaburo Hoshino dari Takezawa, sekarang sudah bisa nikmati koi yang memiliki badan putih dengan hiasan warna hitam dan merah pada sekujur tubuhnya.

Seperti Kohaku, putihnya Taisho-Sanke harus seputih salju. Warna merah harus seragam dan pekat. Yang bertepi jelas lebih bernilai. Taisho-Sanke di-sebut bagus Bila di kepalanya tidak ada warna hitam. Koi yang punggungnya ada warna hitam lebar akan lebih baik dan terlihat benar-benar cantik. Tsubo-Sumi ialah koi yang memiliki tubuh putih dengan bintik hitam, sedang Kasane-Sumi ialah koi yang pada warna hitamnya ada di atas bintik merah. Yang paling bagus ialah sirip yang memiliki tiga skema warna.

Aka-Sanke ialah Taisho-Sanke yang warna merahnya menghampar dari kepala sampai ekor. Koi ini benar-benar sangat mengagumkan, tapi kurang ang-gun. Doitsu-Sanke ialah Taisho-Sanke yang adalah keluarga karper kaca dari Jerman. Aka-Sanke dari karper kaca ini dikenali dengan Doitsu-Aka-Sanke. Fuji-Sanke ialah Taisho-Sanke yang memiliki gumpalan perak pada kepalanya. Tancho-Sanke ialah koi yang memiliki warna merah yang lebar pada kepalanya, tetapi pada tubuh-nya tidak ada warna merah.

Kohaku

Kohaku ialah varietas koi yang memiliki tubuh putih dengan bintik merah pada tubuhnya. Kohaku bisa disebutkan terpopuler antara varietas koi. Ini dapat dimaklumi karena corak warna-nya langsung mengingati orang pada bendera ke-bangsaan Jepang. Dan tidak terlalu berlebih jika Kohaku dipandang seperti koi yang "pertama dan paling akhir", sebab biasanya pertama kalinya orang akan pilih Kohaku, lalu beralih-pindah varietas,lalu selanjutnya balik lagi pada Kohaku.

Untuk capai coraknya yang saat ini, di-butuhkan waktu lama untuk hasilkan Kohaku. Dari satu ekor koi warna hitam lahirlah koi berpipi merah melalui satu perubahan, yang lalu ngetop bernama "Hookazuki". Di tahun 1800, dari "Hookazuki" ini lahirlah satu ekor koi warna putih.

Koi warna putih ini lalu dikawin-kan dengan Higoi, lahirlah Haraka, yakni koi putih dengan bintik-bintik merah. Haraka sendiri ber-arti berperut merah (Red belly). Selanjutnya ber-turut-turut lahirlah Hoo-Aka (berpipi merah), Era-Hi (berinsang merah). Semenjak 1830 nampaklah koi dengan beberapa kepala warna merah (Zukin-kaburi), koi berbibir merah (Kuchibeni), dan Sarasa yang memiliki punggung warna merah dan putih. Secara singkat pada zaman Meiji, Kohaku telah terkenal dan mulai ditingkatkan secara eksklusif.

Warna putih pada Kohaku jadi fokus perhatian untuk tentukan kualitas Kohaku. Warna putihnya harus bersih seperti warna salju, jangan putih kekuningan, atau putih kecokelatan. Sedang untuk warna merah, yang diinginkan ialah merah pekat tapi ceria (jelas). Warna merah ini ada dua, yakni yang dasarnya ungu dan cokelat kekuningan. Yang pertama lebih pekat dan tidak gampang luntur, tapi tidak lembut. Sedang yang paling akhir lebih lembut dan tidak gampang luntur, tapi susah didapat.

Banyak macam Kohaku. Beberapa jenisnya di antara-nya diperbedakan berdasar jumlahnya bintik merah pada punggungnya. Ada yang dua, tiga atau empat, tapi ada pula yang cuman satu. Inazuma-Kohaku memiliki warna merah seperti ben-tuk kilat di punggungnya. Gotenzakura ialah Kohaku yang memiliki bintik merah yang seim-bang pada segi kiri dan kanan punggungnya. Doitsu-Kohaku Napoleon ialah Kohaku Jerman yang memiliki warna merah seperti topi Napoleon.

Fuji Kohaku ialah Kohaku yang memiliki gum-palan warna perak pada kepalanya. Mereka tam-pak benar-benar elok. Tetapi kecantikannya akan hi-lang saat umurnya 2 tahun. Shiromuji ialah koi yang memiliki tubuh warna putih biasa, sedang keseluruhnya tubuh Akamuji warna merah biasa. Akumuji kerap dikatakan sebagai Higoi. Higoi yang berwarna gelap dikatakan sebagai Benigoi atau Hiaka. Higoi dengan sirip putih dekat diundang sebagai Aka-Hajiro. Tancho-Kohaku ialah koi yang keseluruhnya tubuhnya warna putih dengan bintik merah di bagian kepalanya.

















7. Keutamaan Perputaran Kolam Yang Bagus

Kolam ikan koi sebaiknya harus mempunyai sebuah perputaran air yang bagus, mengapa? sebab kesehatan ikan pada kolam dipastikan oleh kejernihan air, kejernihan air didapatkan dari perputaran air yang bagus. Jadi pokoknya makin baik perputaran airnya karena itu ikan koi pada kolam akan makin sehat dan gendut.

Jadi yakinkan pembuatan kolam koi dilakukan oleh tenaga pakar yang telah pahami berkenaan pembuatan kolam yang betul dan seperti proses dan kami Green Landscape Asri mempunyai tenaga pakar dalam sektor pembuatan kolam koi yang telah betul-betul eksper dalam sektornya.

Oke, demikian dahulu dari kami, Untuk info selanjutnya silakan click tombol whatsaap dan tombol telephone yang nampak di monitor mobile anda.

Ikuti Kami

Silahkan chat dengan tim kami Admin Green Landscape Asri akan membalas dalam beberapa menit
Halo, Ada yang bisa Green Landscape Asri bantu?
Mulai chat Whatsapp klik disini...