Cari Spesialis Taman Surabaya? Ini Landscape Taman Terbaik di Surabaya

Konten [Tampil]

Jasa tukang taman Surabaya adalah solusi terbaik jika Anda ingin membuat kebun yang estetik dengan cara profesional. Layanan ini akan membantu memenuhi kebutuhan dan menjamin kepuasan pelanggan. 

Sebuah bangunan sendiri akan tampak lebih cantik tatkala mempunyai kebun atau garden. Coba Anda perhatikan sendiri, jika suatu rumah atau kantor memiliki garden, terkesan lebih segar dan menarik, bukan?

Kami sangat berkompeten dalam suatu pekerjaan taman dengan berbekal tim profesional yang sudah berpuluh tahun menjalankan bisnis kami sebagai tukang taman surabaya pastinya anda tidak akan kecewa dengan hasil yang kami bawakan.

Jadi, coba buat garden untuk mempercantik bangunan milik Anda. Bisa membuatnya di dalam ruangan atau luar ruangan. Temukan juga tukang taman terbaik melalui artikel ini.

Cari Jasa Tukang Taman Surabaya? Ini Jasa Taman Terbaik di Surabaya

Cari Jasa Tukang Taman Surabaya? Ini Jasa Taman Terbaik di Surabaya

Cari Jasa Tukang Taman Surabaya? Ini Jasa Taman Terbaik di Surabaya

Cari Jasa Tukang Taman Surabaya? Ini Jasa Taman Terbaik di Surabaya

Gaya Garden Populer dari Jasa Tukang Taman Surabaya

Seperti apa gaya taman yang bisa diterapkan? Berikut ini rekomendasi beberapa konsep garden populer di Indonesia yang bisa Anda coba.

1.Taman Minimalis

Pertama ada gaya taman minimalis yang begitu cocok untuk bangunan dengan tema minimalis, misalnya saja rumah minimalis. Lantas, apakah minimalis artinya tidak boleh menggunakan pohon maupun bunga?

Tentu saja boleh. Dalam konsep minimalis, Anda bisa menggunakan pohon maupun bunga untuk mempercantik kebun. Bahkan, boleh juga menambahkan elemen air melalui kolam atau air mancur. 

Jadi, apa bedanya dengan konsep garden lain? Perbedaannya terletak pada peletakan dan kombinasinya. Gaya minimalis mengedepankan kepraktisan dan kesederhanaan.

Ciri khas garden bertema minimalis adalah penggunaan pohonnya tidak terlalu rimbun dan kombinasi semak maupun perdu terkesan monoton. Lalu, penggunaan aksen juga terkesan secukupnya. 

Gaya minimalis ini ini sudah banyak diterapkan di tanah air, khususnya pada hunian. Mengingat bentuknya begitu sederhana dan tidak memerlukan lahan luas. 

Jika Anda juga tertarik untuk menerapkannya, pastikan menyesuaikan dengan desain bangunan. Supaya desain rumah dan tamannya tidak bertolak belakang.

Secara sederhana, Anda bisa membuat garden dengan tanaman kecil dan bunga yang bervariasi. Lantas, tambahkan dengan batuan alam dan rumput. Sehingga akan terkesan natural.

Lantas, boleh juga menata tumbuhan sesuai selera. Misalnya saja mengelompokkannya pada suatu space. Tidak harus menanamnya secara acak-acakan pada lahan.

Guna menonjolkan kesan minimalis, Anda juga bisa mengatur penanaman rumput. Tidak harus menjadikan seluruh lahan ditanami rumput. Dapat menambahkan kombinasi batu atau jalan setapak di dalam garden.

Tidak hanya cocok untuk bangunan minimalis, jenis garden tersebut juga populer karena mudah dalam pembuatan maupun pemeliharaannya. Jadi, meskipun Anda mempunyai lahan luas namun malas melakukan perawatan, boleh menjadikannya sebagai taman minimalis.

2.Taman Kering

Berikutnya ada konsep taman kering yang didominasi oleh batu alam dengan beragam warna dan ukuran. Jika Anda menemukan garden dengan batu alam begitu banyak, maka kemungkinan konsepnya adalah taman kering.

Konsep dari jasa tukang taman surabaya ini menghadirkan kesan bersih dan rapi. Meskipun ciri khasnya adalah batu alam, bukan berarti lantas tidak ada pohon atau bunganya. 

Biasanya digunakan jenis tanaman yang tidak membutuhkan banyak air sebagai perawatannya. Pilihan tanamannya begitu beragam, misalnya saja kaktus, sukulen, siklok hingga lili Paris. Jadi, tetap ada unsur tanaman pada tamannya.

Kesan yang sangat menonjol ialah tanaman hanya difungsikan sebagai aksen. Penggunaan tanamannya terkesan lebih sedikit daripada elemen lain. Elemen dominannya adalah batu, stepping stone atau ornamen garden lain.

Anda dapat menerapkan konsep ini untuk indoor maupun ourdoor. Silahkan sesuaikan saja dengan kebutuhan pribadi. Boleh mengaplikasikannya pada rumah, kantor, gedung maupun bangunan lain.

Desain ini sangat cocok untuk Anda yang tidak mempunyai banyak waktu dalam merawat tumbuhan pada garden. Mengingat tumbuhannya tidak memerlukan banyak perawatan maupun asupan air.

Biasanya perawatan seperti penyiraman dapat dilakukan satu minggu sekali. Jadi, misalnya Anda terlalu sibuk, pilih saja konsep kebun kering. Jadi, tidak terlalu menghabiskan banyak waktu maupun tenaga untuk merawatnya.

Biasanya, kebun ini terdiri dari 90% hardscape dan 10% softscape. Meskipun tamannya lebih didominasi oleh bebatuan daripada tumbuhan, tidak perlu takut tampilannya terkesan gersang. 

Karena, tampilannya akan begitu estetik dan cocok juga untuk indoor. Bahkan, selain tampilannya cantik, perawatan berupa penyiramannya juga sangat sederhana. Anda juga tidak perlu melakukan pemangkasan pada tumbuhan.

3. Taman Tematik

Mungkinkah Anda merasa penasaran karena namanya tematik? Dinamakan tematik sebab menonjolkan tema atau karakter tertentu. Ada banyak contoh garden dengan konsep tematik.

Misalnya saja tema bunga, maka tamannya akan berisi beragam tanaman bunga. Misalnya saja tema kartun, maka tamannya memuat beragam topiari (tanaman yang bisa dibentuk menyerupai suatu benda) dengan tokoh kartun.

Pemilihan tanamannya akan menyesuaikan dengan tema. Jadi, bukan memilih tanaman secara asal. Bukan juga hanya fokus mengikuti budget.

Ketika hendak memilih tanaman, pertimbangkan tema tamannya. Contohnya Taman Merah Putih, maka pilihlah tanaman dengan warna merah dan putih. Warnanya ini dapat ditemukan pada daun, batang maupun bunga. 

Contohnya lagi hendak membuat Taman Sehat Keluarga. Maka, pilihan tanamannya bisa berupa variasi bumbu dapur atau tumbuhan obat. Pada intinya, tanamannya mempunyai manfaat kesehatan untuk keluarga.

Garden dengan konsep tematik mempunyai ciri khas tersendiri. Ciri khasnya dapat ditonjolkan melalui elemen softscape (tanaman) atau elemen hardscape (ornamen garden).

4. Taman Vertikal

Cukup melihat namanya, sudah tampak bahwa garden dengan konsep ini mempunyai bentuk vertikal. Sangat cocok jika Anda hanya mempunyai tempat atau lahan terbatas.

Umumnya konsep dari jasa tukang taman Surabaya ini mengandalkan media tanam minimalis. Hasilnya, akan ada kesan rimbun yang menjulang. Desain ini sudah banyak diterapkan khususnya pada hunian dengan lahan terbatas.

Mengingat media tanamnya minimalis, tidak semua jenis tanaman bisa digunakan. Jadi, perlu membuat pertimbangan yang cermat terkait pemilihan tanamannya. 

Selain pemilihan tanaman penuh ketelitian, pembuatan struktur untuk penyangga tamannya juga perlu diperhitungkan. Sehingga nanti tamannya bisa berdiri dengan kokoh menopang beragam tanaman.

Tidak hanya itu, garden ini memerlukan sistem penyiraman khusus. Sehingga tanaman yang letaknya paling atas tetap bisa mendapatkan asupan air secara optimal. 

Jika Anda tidak memiliki lahan pekarangan luas atau tidak tersedia budget untuk membeli lahan, maka pilih saja konsep kebun ini. Hasilnya akan tampak cantik dan unik. Mengingat tampilannya berjenjang ke atas.

Apabila hendak membuatnya, tidak harus mengeluarkan banyak biaya. Dapat memilih pot sederhana sehingga menghemat budget. Jangan terlalu terbebani untuk menggunakan ornamen dengan harga mahal.

Kehadiran kebun vertikal bukan sekedar mempercantik bangunan atau hunian. Kehadirannya akan menambah pasokan oksigen pada bangunan. Bahkan bisa menahan panas matahari, meredam kebisingan hingga menangkal tampias hujan.

Jangan lupa untuk merawat kebunnya secara rutin. Misalnya memberikan asupan cahaya matahari dan melakukan penyiraman setiap hari. Sehingga fungsi tamannya tetap terjaga.

5. Taman Ala Jepang

Ada juga konsep ala Jepang yang mengandalkan ornamen alam. Tema ini terbilang populer di tanah air. Anda bisa menemukan unsur alami atau natural yang begitu menonjol.

Sisi menarik dari garden ini ialah bisa menyegarkan mood. Mood akan terasa lebih bagus karena melihat pemandangan tanaman segar. Di tengah-tengah pekerjaan, Anda bisa merasa lebih rileks.

Garden dengan tema tersebut umumnya mengandalkan tanaman bonsai, batuan alam, kayu alam hingga kolam ikan koi. Jangan lupa mempertimbangkan pencahayaan supaya terkesan khas Jepang.

Beragam ornamen di dalamnya menghadirkan nuansa hangat. Biasanya untuk warna kombinasi ornamennya dominan warna alam, misalnya saja hijau, cokelat hingga abu-abu.

Gaya ini umumnya tidak menerapkan garis lurus atau simetris, melainkan karakter asimetris. Bisa menambahkan pasir dan kerikil untuk mempercantik tampilan. 

Tidak jarang ditambahkan juga gazebo untuk bersantai atau beristirahat. Di sekitar gazebo, Anda dapat mempercantik pemandangan dengan dekorasi batu-batuan dan tanaman perdu.

6. Taman Modern

Sebenarnya gaya dari jasa tukang taman Surabaya ini terkesan serupa dengan gaya minimalis, namun ada tambahan beragam teknologi di dalamnya. Misalnya saja air mancur, lampu dengan sensor solar dan lain lain.

Gaya tersebut begitu cocok dengan hunian atau gedung yang mempunyai desain modern. Jadi, antara bangunan dan tamannya mempunyai konsep yang berkesinambungan.

Tidak jarang, garden dengan gaya ini mempunyai kolam ikan tersendiri. Namun, bentuknya terbilang besar dan mempunyai air mancur di dalamnya. 

Sementara untuk tanamannya dipilih yang tidak menghasilkan banyak bunga. Jadi, konsepnya modern dan terkesan rapi. Tidak terlalu mewah atau terkesan berlebihan. 

7. Taman Klasik

Konsep klasik ini banyak diminati khususnya di masa lalu. Biasanya diterapkan pada lahan yang cukup luas. Mungkin terkesan lebih mudah dikenali karena adanya tumbuhan pohon, seperti pohon palm. 

Mengingat luasnya lahan, tidak jarang dibuat sarana bermain. Jadi bukan sekedar dimanfaatkan sebagai penghias bangunan atau hunian.

Gaya ini mengandalkan tema klasik dengan beragam aksesoris berbau kuno. Misalnya saja patung, kursi panjang hingga air mancur. Jika bangunan punya konsep klasik, maka desain dari jasa tukang taman Surabaya ini akan cocok.

Boleh juga menambahkan kolam dan air terjun kecil di garden. Jadi, tampilan tamannya bukan hanya berisi tanaman hijau. Anda bisa menikmati pemandangan alam seperti di jaman kuno.

Sementara untuk media tanamannya begitu beragam. Anda dapat memilih beragam tanaman untuk ditumbuhkan pada garden. Jadi, tampilannya bisa berwarna-warni dan begitu segar.

Dibandingkan gaya lain, kebun ini cenderung rapi dan teratur. Untuk tanamannya, dapat menggunakan tanaman semak-semak atau tanaman yang dapat dipangkas. 

Jika hunian atau bangunan cukup luas, boleh menambahkan mini labirin. Jadi, tamannya terkesan lebih luas dan tampak menarik. 

Selain itu, jika masih tersedia budget, tambahkan lampu dinding untuk memperkuat kesan klasik pada kebun. Tambahkan juga batu-batuan atau tebing dan relief 3 dimensi. Jadi, bukan hanya fokus pada ornamen tumbuhan.

Ketika membangun kebun bertema klasik, jangan membuat bentuk kotak atau kaku. Bisa membuat bentuk lingkaran yang terkesan lebih luwes.

8. Taman Tropis

Garden ini mempunyai desain natural mirip hutan tropis. Mungkin Anda sering menemukannya di Indonesia, khususnya Bali. Anda bisa mendapatkan inspirasi dengan mengamati berbagai kebun di Bali.

Ciri khas dari konsep tersebut ialah penggunaan beragam corak atau tipe tanaman. Lalu, tanamannya juga cenderung mempunyai bentuk daun lebar atau sejenis palem-paleman.

Ditambahkan juga sistem layering atau berlapis ketinggian dengan corak tanaman. Sehingga garden terkesan lebih berwarna. Anda bisa memilih konsep ini jika suka tumbuhan dengan beraneka warna.

Umumnya tumbuhan tropis memerlukan banyak asupan sinar matahari dan air sebagai perawatannya. Jadi, pastikan mempertimbangkan pemilihan tumbuhan yang tepat agar nanti bisa tumbuh pada iklim tropis. 

Jasa tukang taman Surabaya bisa menyediakan taman tropis secara fleksibel. Sebab, Anda dapat menyesuaikannya dengan beragam gaya arsitektur. 

Keunggulan lainnya ialah biaya pembuatannya terbilang murah. Sementara untuk perawatannya juga tergolong mudah. Mengingat tanamannya begitu mudah beradaptasi. 

9. Taman Formal

Garden dengan konsep formal mempunyai ciri khas kaku dan formal. Umumnya menyerupai bentuk bangun, misalnya berbentuk persegi, elips atau lainnya. Umumnya memakai topiari (tanaman yang dibentuk) guna menciptakan pola garis secara tegas. 

Mungkin Anda banyak menemukan gaya garden ini pada pinggir jalan atau perkantoran di tanah air. Mengingat konsepnya formal, hasilnya akan tampak rapi dan tegas. Jadi begitu cocok untuk nuansa di perkantoran.

Akan tetapi, ada hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih desain ini. Tanamannya akan memerlukan perawatan atau maintenance tinggi. 

Mengingat harus mempertahankan bentuknya supaya senantiasa tegas. Jadi, perawatannya tidak boleh dilewatkan supaya tumbuhan tampak selalu rapi.

10. Taman Eropa

Taman Eropa mempunyai desain terbilang kompleks. Umumnya mengandalkan pesona bunga. Jadi, menggunakan tumbuhan bunga dengan beragam warna.

Tidak lupa, memadukannya dengan beragam ornamen khas taman di Eropa. Jadi, kesannya benar-benar mirip dengan suasana di Eropa.

11. Taman Mediterania

Taman mediterania begitu cocok untuk hunian bergaya minimalis. Banyak tumbuhan dapat dipilih untuk garden tersebut. Misalnya saja Agave, Yucca, Nolina hingga Sikas. 

Gaya dari jasa tukang taman Surabaya ini menonjolkan ornamen lampu, patung, kolam ikan, pot berpenyangga (stand) hingga batu koral. 

Biasanya warna yang tercipta khas tanah, misalnya saja krem, koral dan terakota. Anda juga dapat menerapkan beragam warna semacam itu di permukaan dinding sekitar garden.

Biasanya masyarakat menggunakan bunga cantik dengan beragam warna. Bisa berwarna merah, merah muda, putih sampai ungu. Untuk jenis bunganya sendiri bisa berupa bunga kamboja maupun adenium.

Tidak lupa menambahkan bebatuan berwarna putih yang tidak kalah cantik. Supaya bisa menikmati pemandangan secara nyaman, sediakan kursi pada garden.

Konsep mediterania tergolong sederhana atau simple. Meskipun begitu, tampilannya cukup simetris. Jadi, tampilannya tetap mengesankan untuk hunian maupun gedung.

12. Roof Garden

Bagaimana jika mempunyai bangunan namun tidak mempunyai lahan kosong pada bagian depan maupun belakang bangunannya? Khususnya jika mempunyai gedung tinggi.

Maka, solusinya adalah membuat kebun di atas bangunan, tepatnya pada bagian atap. Jadi, tidak perlu mengkhawatirkan terbatasnya lahan di sekitar bangunan.

Sudah banyak gedung bertingkat di daerah perkotaan yang membuat roof garden. Hal ini juga dapat menjadi sarana penghijauan di daerah perkotaan yang banyak dipenuhi oleh polusi udara.

13. Container Garden

Container garden ialah kebun dari jasa Tukang Taman Surabaya yang mengandalkan penataan pot. Anda dapat menganggapnya sebagai kategori tanam minimalis atau kering. 

Cukup mengandalkan pot, Anda bisa menciptakan kebun indoor maupun pot scaping. Tidak harus menggunakan satu tumbuhan dalam satu pot atau container. Boleh juga memasukkan berbagai kombinasi tumbuhan pada satu wadah.

Mengingat ada begitu banyak pilihan konsep kebun, sudahkah Anda memutuskan akan memilih yang mana? Jika masih merasa bingung, coba berkonsultasi dengan jasa tukang taman, salah satunya Green Landscape Asri.

Green Landscape Asri dapat membantu menentukan konsep kebun terbaik dan mengaplikasikannya pada bangunan atau hunian Anda. Silahkan hubungi di nomor 0821 4002 5772 untuk memesan layanan kami.

Mempunyai taman akan menghadirkan kesan asri dan menyegarkan pada bangunan. Ada juga beragam gaya garden yang dapat dipesan melalui jasa tukang taman Surabaya.

0 Response to "Cari Spesialis Taman Surabaya? Ini Landscape Taman Terbaik di Surabaya"

Posting Komentar

wa