Ikan Koi untuk Kolam Koi

Konten [Tampil]

Pelajari cara merawat ikan koi untuk kolam agar nanti bisa menyediakan habitat terbaik. Memelihara ikan koi sebenarnya cukup mudah, asalkan Anda tidak malas dan konsisten.

Memelihara ikan hias, bagi sebagian besar orang adalah kegiatan penyaluran hobi. Tapi tidak sedikit pula yang memeliharanya untuk dibudidayakan dan dijual kembali untuk mendapatkan keuntungan.

Namun untuk artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara merawat ikan koi untuk kolam bagi pemula. Terutama yang memeliharanya di kolam minimalis pada halaman rumah, perhatikan informasi berikut!

5 Cara Merawat Ikan Koi untuk Kolam Ukuran Minimalis

Salah satu cara agar bagian eksterior rumah Anda terlihat lebih sejuk dan indah yaitu dengan memelihara ikan koi di kolam minimalis. Jika masih ada lahan lebih untuk dijadikan halaman, tidak ada salahnya jika Anda membangun kolam minimalis, kemudian diisi dengan ikan koi.

Tentu saja sebelum itu, Anda perlu mempelajari bagaimana cara merawat ikan koi untuk kolam secara tepat. Sebab, banyak kasus yang gagal dan ikannya mengalami kematian cepat karena habitat di kolam yang kurang sesuai.

Ikan koi harganya cukup mahal, untuk itulah perlu ada perawatan khusus agar bisa bertahan lama dan bila perlu dapat berkembang biak. Ikan koi di kolam berbeda cara perawatannya dengan yang ada di akuarium. Anda tidak hanya memikirkan pakan ikan koi, tapi perlu detail perawatan lainnya, seperti :

1. Karantina Ikan Koi Sebelum Masuk ke Kolam

Ikan koi yang baru dipindahkan dari kolam terdahulu ke bungkus plastik ketika dijual ke pembeli, memang terkadang bisa stres. Untuk menghindarinya, Anda perlu melakukan karantina sebelum dimasukkan ke kolam.

Cara karantinanya adalah dengan memindahkan ikan koi ke ember atau baskom yang lebar dalam beberapa hari. Barulah setelah itu, dipindahkan ke kolam.

Lihat: Ikan Komet Untuk Kolam

2. Beri Makanan Berkualitas

Kemudian, agar ikan koi untuk kolam bisa hidup nyaman yaitu memberikan makanan yang berkualitas. Pastikan makanan yang diberikan memiliki kandungan lengkap untuk koi seperti protein, karbohidrat hingga vitamin.

Tips ketika membeli makanan, perhatikan juga ukurannya dengan koi yang Anda pelihara. Jika ukuran makanannya terlalu besar, mereka tidak akan mau memakannya.

3. Jangan Sering Memberi Makanan

Jangan mengira bahwa ikan koi Anda sering lapar. Jika Anda memberi makanan terlalu sering dan dalam kurun waktu singkat, itu bisa berbahaya bagi ikan koi. Ketika Anda memberikan makanan secara berlebihan, ancaman kematian semakin besar. 

Sebab, saluran pencernaan ikan koi sangat pendek, sehingga tidak dapat menyerap makanan dengan baik dalam waktu singkat. Paling ideal, memberikan makanan untuk ikan koi dilakukan pagi dan sore saja. Sekali diberi makanan, pastikan jumlahnya tidak terlalu banyak.

4. Beri Nutrisi Tambahan

Makanan saja tidak cukup, untuk itulah Anda perlu membeli nutrisi tambahan agar ikan koi yang dipelihara tetap sehat dan kebutuhan nutrisi tercukupi.

5. Lakukan Perencanaan Kolam Koi dengan Tepat

Kemudian yang paling penting, perencanaan kolam harus dilakukan secara maksimal. Ketika membuat kolam, hal yang perlu diperhatikan adalah :

  • Ukuran kolam idealnya untuk halaman rumah adalah 1-1,5 meter.
  • Penentuan lokasi kolam ikan koi
  • Lakukan perancangan desain kolam
  • Merancang sistem filterisasi kolam
  • Mulai membangun kolam dengan cara yang tepat
  • Gunakan air bersih untuk mengisi kolam
  • Perhatikan temperatur airnya.

Bagi pemula, membuat kolam koi di halaman rumah memang sulit dan perlu seorang ahli untuk membantu proses pembuatannya. Anda jangan khawatir gunakan saja jasa dari Green Landscape Asri.

Kami menawarkan jasa perawatan dan renovasi taman atau halaman rumah termasuk pembuatan ikan koi di luar ruangan. Percayakan desain kolam ikan pada kami, dijamin hasilnya memuaskan.

Lihat: Tukang Taman Surabaya

Tidak hanya memberikan jasa desain kolam dan renovasi taman kami juga memberikan edukasi seputar perawatan ikan koi untuk kolam, jadi jangan ragu dan kunjungi laman resmi kami untuk informasi lengkapnya.

0 Response to "Ikan Koi untuk Kolam Koi"

Posting Komentar

wa